Pengalaman Satu Minggu di Pesantren Networkers IDN

Bismillahirrahmanirrahiim

Apa yang anda bayangkan bila mendengar kata pesantren? Mungkin bagi sebagian orang yang belum pernah merasakan kehidupan di pesantren mengira kalau kehidupan di pesantren itu membosankan dan melelahkan. Bagaimana tidak, setiap shubuh harus sudah siap, makan harus ngantri, mandi juga ngantri. Saya rasa apa yang anda bayangkan adalah hasil pikiran negatif dan kebiasaan malas kita saja.

Tuliskan kali ini akan saya bagikan kepada teman-teman untuk menepis prasangka negatif tentang kehidupan di pesantren. Saya akan menceritakan pengalaman saya selama seminggu di Pesantren Networkers IDN. Mengenai Pesantren Networkers IDN nanti akan saya buat tulisannya ya 😉

Kisah ini berawal dari perjalanan kami (santri Pesantren IDN) menuju pesantren Madinatul Quran (Desa Singasari, Jonggol) karena kami ditempatkan di sana. Sebelum menuju ke MQ, kami berkumpul dulu di Cileungsi lalu berangkat bersama-sama ke jonggol menggunakan angkot. Setelah menempuh perjalanan 2 jam (1 jam jika lalu-lintas lancar), alhamdulillah kami sampai ke MQ.

Hari pertama di sini sangat saya nikmati. Kicau burung di pagi hari, pemandangan bukit-bukit, dan hamparan pesawahan membuat saya makin betah disini. Ada hal yang ganjel bagi saya dan juga bagi rekan saya yang tidak terbiasa hidup jauh dari orang tua. Tapi saya yakin nanti juga akan terbiasa. Disini makan pun selalu bareng-bareng dalam satu nampan, sangat terasa kebersamaannya.

photo245156939870349398b

Persiapan makan

Hari selanjutnya aktivitas kami disibukkan dengan angkut-angkut barang. Karena di sini ada asrama baru, jadi hari ini kami ikut membantu memindahkan barang-barang. Hari yang cukup melelahkan bagi kami karena kami belum terbiasa mengangkat beban berat dan siang hari di sini sangat terik tapi itu bukanlah menjadi alasan untuk malas-malasan.

photo245156939870349395b

angkut-angkut barang

Pengalaman terakhir di minggu ini adalah petualangan kami ke sodong. Sodong adalah pemandian yang airnya bersumber dari mata air. Perjalanan kesana cukup melelahkan, kami jalan kaki selama 1 jam. Tapi cukup terbayar saat kita sudah mandi di sana. Insya Allah saya akan buat review sodong kalau ada waktu luang 😉

“Setiap perjuangan kita sekarang akan ada hasilnya”

Yang paling menarik adalah dimanapun dan kapanpun bisa kita gunakan untuk sharing untuk saling bertukar ilmu. Di sini kami diwajibkan untuk menggunakan bahasa inggris setiap hari. Walaupun hari ini kami masih belepotan, tapi saya yakin beberapa bulan lagi pasti ada hasilnya. Mungkin nanti bisa mirip native speaker 😀

sharing

sharing session

Ini adalah sedikit cerita tentang pengalaman kami selama satu minggu di sini. Masih banyak cerita yang belum saya ceritakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s