Ceramah Singkat: Doa Tak Kunjung Dikabulkan

Oleh Ustadz Abu Yahya Badru Salam, Lc.

Bismillahirramaanirrahiim

Ketika kita sedang berdo’a kepada Allah, terkadang kita merasa jawaban Allah terhadap kita begitu lambat. Kita sudah berdo’a setahun, dua tahun, tiga tahun tapi ternyata mengapa do’a kita tidak dikabulkan oleh Allah swt. juga. Sehingga tumbuh di hati kita ini berburuk sangka kepada Allah swt. Padahal bukankah Allah sudah berjanji untuk mengijabah orang yang berdo’a kepadanya. Allah berfirman (aku pasti mengijabah do’a orang yang berdo’a kepadaku apabila dia berdo’a kepadaku). Tapi kenapa ketika kita berdo’a terkadang kita melihat kok Allah tidak mengabulkan keinginan kita.

Yang harus kita perhatikan ya akhi bahwasanya sebetulnya do’a seorang hamba yang muslim dan mu’min itu pasti dikabulkan namun kata Rasulullah saw. pengabulan do’a itu dengan salah satu dari tiga. Yang pertama, diberikan apa yang ia minta. Yang kedua, disimpan di dalam surga. Yang ketiga, diselamatkan ia dari marabahaya. Masya Allah. Ternyata Rosulullah mengabarkan dalam riwayat Imam Ahmad ini bahwasanya orang yang berdo’a kepada Allah pasti diijabah tapi tatacara pengijabahannya itu tidak langsung diberi. Kita harus yakin bahwa Allah Maha Tahu apa yang terbaik bagi kita. Ketika kita tidak diijabah, yakin sajalah bahwasanya Allah pasti mengijabah tapi dengan salah satu dari tiga tadi.

Terkadang kita punya anak kecil lalu anak kita merengek-rengek minta sesuatu yang dia inginkan dan kita tahu bahwasanya kalau kita berikan sesuatu tersebut akan membahayakan si anak. Saya yakin kita tidak mau memberinya walaupun si anak menangis. Ini antara orang tua dengan anaknya. Allah dengan makhluknya melebihi kasih sayang melebihi kasih sayang orang tua kepada anaknya dan tentunya ilmu Allah melebihi segala sesuatu. Terkadang kita merengek meminta-minta tapi Allah tidak beri karena Allah tahu dengan ilmuNya yang sangat luas bahwasanya kalau Allah kabulkan barangkali itu tidak bermanfaat atau memberikan bahaya untuk hidup kita. Kewajiban kita ketika berdo’a itu adalah husnudzon kepada Allah swt.

Dan ingat ya akhi, tidak harus Allah mengijabah itu langsung pada waktu itu juga. Harus kita tahu bahwasanya Allah yang paling tahu kapan ijabah yang paling tepat untuk kita. Rasulullah saw. minta kepada Allah swt. supaya dibinasakan orang-orang yang Rasul sebutkan di situ setelah beberapa tahun baru kemudian Allah mengijabah do’a Rasulullah saw.

Makannya akhi, ada sebuah cara agar kita tidak putus asa dari berdo’a. Apa itu? Umar bin Khattab memberikan sebuah cara yang bagus sekali. Kata umar “inni la ahmilu hammal hammad du’a” (aku tidak membawa keinginan hammal ijabah, aku tidak membawa ketika berdo’a itu keinginan diijabah) “wa innama ahmilu hammad du’aa” (tapi yang aku bawa adalah keinginan berdo’a saja) “fa innnaman mufi qolid do’a” (karena orang yang diberikan taufiq untuk berdo’a pasti ijabah akan bersamanya). Orang yang begitu besar keinginan diijabahnya akan mudah putus asa tapi ketika kita berdoa tujuan terbesar kita adalah merealisasikan ibadah kepada Allah (keiginnan kita adalah berdo’a bukan ijabah). Insya Allah dia tidak akan putus asa. Subhanallah, ucapan Umar bin Khattab ini penting untuk kita ingat

Jangan tergesa-gesa untuk diijabah, yakinlah Allah mengijabah diri kita. Justru kalau kita tergesa-gesa minta diijabah, Allah tidak akan mengijabah. Kata Rasullullah saw. “Yustajabu li ahadikuma maa lam yasta’jil” (doa seseorang itu akan dikabulkan selama ia tidak tergesa-gesa minta diijabah). Semoga kita termasuk orang yang senantiasa berdo’a kepada Allah. Ya senantiasa kita tak pernah putus asa dari rahmat Allah swt. dan senantiasa kita merealisasikan ibadah do’a itu sendiri. Wa billahi taufik, subhanakallah wa bihamdik, asyhadu alla ilaha illa anta, ashtagfiruka wa atubu ilaik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s