Ceramah Singkat: Apakah Anda Seorang Mukmin?

Oleh Ustadz Zainal Abidin, Lc.

Bismillahirrahmaanirrahiim

Semua agama menyatakan “Saya beriman kepada Tuhan” dan semua mengklaim adalah orang-orang beriman. Agar tidak terjadi pembiasan dan kerancuan, kita akan definisikan mukmin sejati. Mukmin dalam kacamata islam disebutkan oleh Allah dalam surat al-anfal ayat 2-4. Allah swt. berfirman:tulisan-arab-alquran-surat-al-anfaal-ayat-2-4

 

 

 

 

 

 

Ciri yang pertama: “Sesungguhnya orang mukmin itu ketika dituturkan nama Allah maka hatinya langsung bergetar”. Yang kedua: “ketika ayat-ayat Allah baik qouniyah (alam semesta) dan syariat maka imannya akan bertambah”. Inilah juga ciri daripada sekian ciri orang-orang yang beriman sejati (mukmin sejati). Selanjutnya ciri yang ketiga adalah “Kepada Allah dia penuh ketawakkalan”. Dengan demikian diantara orang yang dijamin oleh Allah masuk surga tanpa hisab tanpa adzab, Rasullulah menjelaskan kriteria terakhir, “hanya kepada Allah mereka bertawakkal”. Ciri yang keempat, “menegakkan solat.” Maknanya bukan hanya menjalankan tetapi menegakkan rukunnya, syaratnya sunnah-sunnahnya disempurnakan, yang paling puncak adalah kekhusukan karena khusuk adalah adalah ruh daripada ibadah kita kepada Allah. Yang terakhir adalah dari harta (rizki) yang diberikan oleh Allah swt. mereka infakkan kepada Allah untuk disalurkan kepada fakir miskin, untuk dipinjamkan kepada Allah disalurkan melalui jalan-jalan kebaikan.

Dari situlah kita berhak mendapatkan “ulaaika humul mu’minuuna haqqo” mereka itu adalah mukmin yang sejati, “lahum darojaatun indarobbihim” (mereka mendapatkan derajat/tingkatan kemuliaan di sisi tuhannya yaitu Allah), “wa maghrifirotun” (Allah beri pengampunan). Bukan itu saja, “warizqun karim” rizqi yaitu balasan-balasan yang ada di surga, penuh dengan kemuliaan, penuh dengan kesenangan dan berbagai macam bentuk penghormatan Allah kepadanya. Dimuliakan dengan berbagai macam kenikmatan. Demikianlah, mudah-mudahan apa yang disampaikan bermanfaat dan bisa kita jiwai sehingga kita bisa menjadi mukmin yang sejati bukan hanya mukmin yang akhirnya hanya sekedar klaim.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s