Ceramah Singkat: Indahnya Sebuah Senyuman

Oleh Ustadz Indra Abu Umar

Satu diantara tugas yang diberikan Allah kepada Rasul kita Muhammad saw. yaitu membersihkan hati kita dan membaguskan akhlak kita. Sebagaimana dalam sabdanya “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik” dan sungguh bagaimana keutamaan akhlak itu memiliki keutamaan yang sangat besar bahkan ada dampak negatif yang sangat besar pula yang akan kita dapatkan tatkala kita meninggalkan akhlak yang baik.

Dimana Rasul saw. menyebutkan bahwasanya “akmalul mu’minina iimana ahsalum khuluqo” (seorang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling terbaik akhlaknya) maka disana mengandung mukholafahnya bahwa seorang mukmin yang juga imannya yang rendah adalah mereka yang memiliki akhlak yang paling buruk tentunya. Dari sinilah kita lihat bagaimana kedudukan akhlak menjadi tugas dari tugas-tugas Rasulullah saw. dan juga para Rasul semuanya dan juga itu menjadi kewajiban kita untuk membaguskan akhlak kita.

Contoh akhlak yang baik sangat banyak tentunya dan salah satu yang ingin kita bahas pada hari ini yaitu tentang akhlak murah senyum. Tentu akhlak murah senyum ini adalah bagian dari interaksi kita satu dengan yang lain. Dimana Rasulullah saw. mengaitkan amalan senyum ini sebagai amalan yang barangkali termasuk amalan yang kecil dalam pandangan orang lain (umumnya kebanyakan manusia).

Rasulullah saw. melarang kita untuk meremehkan kebaikan sekecil apapun itu dalam sabdanya belieu bersabda “janganlah kalian meremehkan kebaikan sekecil apapun itu walau hanya ketika engkau bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang tersenyum.” Kita semua barangkali sepakat tidak ada orang yang tidak menyukai senyuman. Kita tersenyum karena kita bahagia. Andai kita tidak tersenyum kita melihat atau mendapati orang tersenyum walaupun kita tidak tahu apa kebahagiaan yang sedia dia rasakan kita pun akan merasa senang melihat orang yang tersenyum. Seolah-olah kita berada di dalam kebahagiaan yang sedang dia rasakan. Maka jadikan diri kita, hiasi hidup kita dengan akhlak murah senyum yang barangkali sebagian orang menganggap ini amalan yang sepele. Tetapi kita lihat bagaimana Rasulullah dalam hadits yang kita sebutkan tadi menunjukkan gambaran sempurnanya keimanan seseorang ketika dia berakhlak baik.

Lebih dari itu bahkan Rasulullah saw. juga bersabda menggambarkan bahwa senyum merupakan bagian dari sedekah-sedekah yang diberikan seorang mukmin kepada seorang saudaranya. Sebaimana beliau bersabda “tersenyummu di hadapan saudaramu itu adalah sedekah.” Kita barangkali merupakan orang yang tidak memiliki simpanan yang banyak baik di kantong kita ataupun di tempat-tempat yang lain tapi kita memiliki wajah yang bisa kita bangun untuk kita tersenyum. Maka belajarlah kita untuk mudah tersenyum kepada saudara kita. …

Advertisements

2 thoughts on “Ceramah Singkat: Indahnya Sebuah Senyuman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s