Ceramah Singkat: Semua Kembali Ke Allah

Oleh Ustadz Subhan Bawazier

Bismillahirrahmaahirrahiim

Kita berada di sebuah tempat yakni alam yang asri di area ciampea bogor barat. Kita lihat di sekeliling kita sebuah nikmat yang Allah telah mudahkan kepada kita. Allah sendiri yang mengatakan bahwa

 

 

 

Semua ini merupakan sebuah kemudahan yang Allah katakan dalam al-quran tadi bahwa sesungguhnya Allah lah yang menjadikan bumi ini mudah buat manusia. Diperintahkan kita untuk memanfaatkan kemudahan tersebut dalam sebuah perintah famsu fi manaki biha (berjalanlah di atasnya) manfaatkan kemudahan tersebut, wa kullu min rizki (makanlah rizki yang Allah terbarkan) sehingga manusia adalah makhluk yang Allah berikan kekhususan kemuliaan ketimbang makhluk yang lain.

Tugas manusia mensyukuri nikmat yang Allah mudahkan untuknya. Karena bersyukur ini merupakan cara mendatangkan akomolasi sebuah kebaikan. Ada nilai tambah pada syukur yang kita lakukan. “Kalau seandainya kalian mau bersyukur” kata Allah, “kutambah.” Ini sebab datangnya kenikmatan yang berlipat ganda.

Allah perintahkan wa kullu min rizki wa ilaihin nusur. Cuma mungkin yang harus diingat, Allah menekankan “wa ilaihin nusur” (kepada Allah lah tempat kalian kembalinya kalian). Nikmat akan ditanya. “Summa la tus’alunna yaumaidin ‘anin naim”
Wallahu a’lam bishowab

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s