Ceramah Singkat: Para Penggembala Kambing

Oleh  Ustadz Riyadh bin Badr Bajrey  

Bismillahirrahaminirrahiim. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Rasul salallahu ‘alaihi wa sallam dalam riwayat imam bukhari dan lain-lain dengan sanadnya dari abu hurairah menerangkan bahwasanya hampir dari setiap nabi pernah mengalami menggembala kambing. Rasul salallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا بَعَثَ اللهُ نَبِيّاً إِلاَّ رَعَى الْغَنَمَ ، فَقَالَ أَصْحَابُهُ: وَأَنْتَ؟ ، فَقَالَ: نَعَمْ، كُنْتُ أَرْعَاهَا عَلَى قَرَارِيطَ لِأَهْلِ مَكَّةَ

“Tidaklah Allah mengutus seorang nabi pun melainkan pernah menggembala kambing.” Para sahabat bertanya,”Dan engkau sendiri?” Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,”Ya, aku juga dulu menggembalakan (kambing-kambing) milik penduduk Mekkah”    

Tahukah kita apa hikmah dari menggembala kambing tersebut yang dimana Allah subhanahu wa ta’ala khususkan para nabi bahkan setiap nabi untuk mengalaminya.
Ternyata ulama mentafsirkan bahwasanya kambing dapat dipahami dari hadits Rasul salallahu ‘alaihi wa sallam yang lain bahwasanya kambing sebagaimana diriwayatkan imam bukhari, muslim, dari abu hurairah, abi mas’ud, dan lain-lain dimana Rasul salallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “al fahr wa huyala ‘inda alhlil khoimi wal khuyala ‘inda ahlil khoimi wa ibil” (kesombongan dan kekerasan hati itu ada pada para pengembala unta dan kuda) “wal sakinah wal waqor” (adapun ketenangan hati /kerendahan hati terdapat pada pengembala kambing).

Mengapa demikian? dikatakan oleh para ulama bahwasanya kekerasan yang ada pada unta dan kuda ini berefek pada para pengembalanya, dimana terlihat jelas kebanggaan pada hewan-hewan tersebut (unta dan kuda) yang membusungkan dadanya terlihat begitu menyombongkan dirinya begitu luar biasa menyombongkan dirinya. Kemudian kekuatannya memang yang luar biasa yang dengan itu Allah subhanahu wa ta’ala jadikan banyak manfaat pada manusia. Namun karena sering bergaul dengan manusia maka berfeklah kepada jiwa-jiwa orang yang menggembalakannya seringkali. Adapun pada orang-orang yang biasa menggembala kambing dengan sifat-sifatnya.

Kambing dalam satu sisi bukanlah hewan yang kuat sebagaimana kuda dan unta. Namun kambing memiliki sifat tidak bisa dia dipersatukan dengan mudah. Tidak sebagaimana seorang menggembala bebek atau ayam, ketika kita mengambil pemimpinnya maka yang lain akan mengikutinya. Adapun kambing tidak demikian begitu pun kuda dan unta, ketika kita menguasai pemimpinnya maka yang lain akan mengikutinya. Adapun kambing tidak demikian, setiap ekor kambing memiliki otak masing-masing yang tidak bisa satu menjadi pemimpin dan diikuti orang lain. Sehingga membutuhkan kesabaran lebih dalam mengaturnya. Orang yang terbiasa dalam mengasuh dan menggembala kambing demikian maka dari itu diharapkan darinya akan datang pada dirinya sifat sabar yang dengan itu dia dapat mengasuh mendidik umatnya sebagaimana para nabi salallahu ‘alaihi wa sallam.

Dan disitu pun terdapat salah satu i’jaz ‘ilmi yakni bukti mukjizat ilmiah yang ada pada hadits nabawi. Dimana terbukti bahwasanya seseorang akan terefek dari sesuatu yang biasa dia bergaul dengannya. Seseorang akan terkena sifat keras dan sifat sombong ketika banyak bergaul dengan hewan yang memiliki sifat demikian seperti kuda dan unta. Ini adalah hal yang dibuktikan oleh dunia pada akhir ini dimana mereka mengatakan bahwasanya “you are what you eat” (kau adalah apa yang kau makan), yakni apa yang kau makan berefek pada jiwamu. Ketika kau makan sesuatu yang buas, kau memakan sesuatu yang tidak biasa dimakan kebanyakan orang, maka sifat dari apa yang kau makan itu akan berefek pada dirimu. “you are what you eat” (kau adalah apa yang kau makan).

Naqulu qouli hadza wa astagfirullahuli wa lakum. Akhirul kalam. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s